Tuesday, April 2, 2013

Alhamdulillah mimpi itu terwujud juga (I) ...


Beasiswa VLIR-UOS, apaan tuch? Itu adalah pertanyaanku pertama kali mendengar nama beasiswa VLIR dari seseorang kaka kelas STK IPB teman sekerja di salah satu perusahaan media dikawasan Tebet, Jakarta Selatan pada tahun 2007 akhir. Sebut saja mba D namanya. Kebetulan mba D tahu banget kalo aku ingin kuliah  S2 dengan biaya bukan dr diri sendiri maupun dr ortu, alias nyari ngratesaaaan :D.  Dia sering ngeliat aku browsing2 beasiswa2 kl kerja *upps...korupsi waktu :p*. Mba D menceritakan bahwa ada temen sekelas dia, sebut saja mba I,yg kebetulan satu almamater juga di STK IPB, yang baru lulus S2 dari Belgia dengan beasiswa VLIR. 

Dari situ aku nyari tahu segala sesuatu yg terkait dengan beasiswa VLIR dr kontak mengkontak mba I serta student2 lain yg tengah menempuh S2 di Belgia kala itu. Jujur saja, sebelumnya aku bener2 ngga tahu tentang beasiswa ini, tahuku waktu itu hanya sekitar beasiswa Stuned Belanda, Monbusho Jepun, Fullbright USA, DAAD Jerman. Tetapi dari beasiswa2 tersebut jujur saja aku sempat kesulitan dengan jurusan yg aku inginkan kala itu , Statistics, dan pekerjaanku kala itu, pegawai swasta. Dan beasiswa VLIR-UOS menjawab itu semua, mereka menawarkan beasiswa Bio-Statistics dan pegawai swasta pun bisa untuk melamar..Yeyyyyyy...
Memang sejak lulus S1 Statistics dr IPB tahun 2005, memang hasrat terbesarku adalah melanjutkan S2 tanpa biaya dr orangtua. Aku berpikir keknya udah cukup banget orangtuaku membiayai pendidikan anak2nya sampai ke PT, ini saatnya aku mencari solusi sendiri untuk mimpiku itu, tanpa memberatkan orang tua. Dari keinginana itu, aku mulai mencari dan mencari bagaimana dpt melanjutkan S2 dengan gratis, salah satunya dengan cari beasiswa, either di dalam atau di LN. Funding beasiswa S2 dlm negeri sangat terbatas kl itu, dan sekali lagi aku kepentok pekerjaan sbg pegawai swasta. Saat itu sangat sulit kl pekerjaan kita sbg pegawai swasta untuk mendapatkan beasiswa dr funding dlm negeri *tapi tidak untuk saat ini loh*.

Bergabung dengan  milis beasiswa membuka mata n memperluas impianku. Bisa melanjutkan S2 jurusan Statistics ke LN. Waaaaoooo sungguh mimpi yg di luar batas kemampuan seorang anak pedagang dr kota Batu. Bisa ngga yah? bisa ngga yah? Kala itu aku selalu bertanya pada diri sendiri. But somehow, keinginan dan keyakinan itu tetap ada dlm diriku.

Sejak mba D cerita itulah aku fokuskan energi n pikiran di weekend untuk browsing segala seluk beluk ttg beasiswa VLIR, meng-upgrade bahasa Inggris dan mencari tahu kehidupan mahasiswa di sana, Aku namakan step ini fokus mewujudkan mimpi sekolah ke Belgia, karena aku bener2 fokus ama beasiswa VLIR ajah, beasiswa yg lain dipending dulu,,hahaha. Untuk meng-upgrade inggrisku, aku belajar sendiri kala itu, aku beli buku2 TOEFL n Grammar. Weekend adalah waktu khususku untuk belajar inggris, krn workday tidak memungkinkan untuk kami2 seorang pekerja di jakarta yg tinggal di Bogor. :D. Berangkat pagiiii, pulang larut malam. Tahun 2008 bahkan aku sempat ikut les Belanda di Erasmus Taalcentrum satu term *3 bln* di kedutaan Belanda Jakarta, lumayan lah bisa ngecap satu dua kata dm bahasa belanda kl keterima beasiswa.. :D. Teman sekerja juga sempat ada yg mencibir ngapain aku ikutan les belanda pdhl daftar beasiswa ajah blon ..*bukan tempat kerja yg sama lg dengan mba D, aku pindah kerja awal thn 2008 ke media company di Jln Gatot Subroto Jakarta*. Yup bener, aku blom mendaftar beasiswa VLIR kl itu, karena masih kepentok TOEFL yg kurang dr standard mereka.

Karena TOEFL ku masih kurang, aku sengaja ikutan les inggris di LIA Bogor, kala itu alhamd levelku da lumayan ga bawah2 banget n ngga tinggi2 banget sech :p. Yah cukup ikutan satu  term sebelum masuk expert level. Mostly temen2ku anak2 SMA loh.. minder? sempet. tapi aku balik lagi ke niat awalku menaikkan nilai TOEFL untuk menjemput impianku. hehehe.. Jadi aku nikmatin ajah kala itu ..  Memang saat itu aku tidak masuk kelas pekerja karena keterbatasan waktu di  workday, jadinya aku masuk kelas reguler di weekend ajah, jadinya aku sekelas dg anak2 SMA tadi. TApi seru bgt kataku, mereka sering tanya2 ttg Statistics, ttg dunia kerja, dsb, Mereka kebanyakan kelas 3 SMA yg lagi bingung nyari jurusan di PT :).  Wondering gimana mereka sekarang yahhh???. Lulus dr LIA, yg seharusnya aku lanjut ke expert level, aku ngga nglanjutin lagi karena pekerjaan di media company yg baru bener2 menyita perhatianku *yup, dulu emang aku kutu loncat, dr satu company ke company lain..hehehe. company yg ini menuntut ttg jawab lebih dr sebelumnya ditambah bos ku yg orang dr negara I, tetangga negara B :p*. Aku mikirnya kala itu, coba ikutan tes TOEFL lagi dech, n sertifikat dr LIA lumayan buat tambahan dokumen kelengkapan melamar beasiswa :p. 

Test TOEFL yg aku ikutin juga cuman TOELF Instutional yg murah meriah tapi diakui, bukan International TOEFL yg kala itu cukup mahal *bagiku*,  150 dolar. Akhirnya hasil TOEFL yg sekarang passsssss bgt masih dibawah standard VLIR :( *beberapa point dibawah standard*. Tapi masih lebih bgt dr test sebelumnya, Hal ini bikin keyakinanku bertambah untuk melamar VLIR thn itu juga *red. 2008*. 

Bukaan beasiswa VLIR setiap tahunnya jatuh pada bulan Oct- 1 Feb. Jadi sebelum bulan Feb 2009, aku beranikan diriku untuk melamar beasiswa thn itu juga dg mempersiapkan berkas2 yang dibutuhkan, seperti motivation letter n CV. Untuk motivation letter aku banyak dibantu oleh kaka2 kelas yg aku sebut tadi yg tengah kuliah di Belgia, sebut saja mas T, mas A n mas B yang bersedia mengkoreksi motivation letter yg aku buat. Juga mba ku, mba M yg bersedia mengkoreksi n ngasih2 saran. Dengan susah payah n peluh dimana2 akhirnya motivation ku jadi jua ..hehe..Recommendation letter, aku minta mantan pembimbing skripsi di S1 IPB, prof. KAN, dan bosku tea si orang dr negara I, tetangga negara B, Miss DM. Meski aku n bosku sering berdebat, tapi dia ngedukung aku buat lanjut S2 loh, n ngasih rekomendasi yg baik..hehe. Thanks yah DM :).

Akhirnya dengan Bismillah n restu serta doa orang tua, aku kirimkan dokumen2 untuk mendaftar beasiwa VLIR thn 2009. Bulan2 Maret-Mei adalah bulan2 degdegan. kenapa begitu, karena di bulan Mei pengumunan awardee untuk beasiswa VLIR. Jujur ajah, di bulan2 itu aku sering membayangkan bgmn kl ketrima  n sekolah di belgi sana *pede banget yak*. Tapi tetep degdeganya itu lohhhh...ckckckc..Akhirnya email itu dateng jua, ketika itu aku masih di kantor...deng deng deng ...dengan penuh harap aku buka n ternyata sodara2 aku BELUM diterima, saat itu aku hanya sebagai reserved candidate a.k.a kandidate cadangan. Tanpa tedeng aling2 aku langsung sujud syukur di depan meja kerjaku. Mba T, teman kerjaku ampe bertanya2 kenapa aku sampe sujud syukur. Aku berpikir, ini yg terbaik yg Alloh kasih ke aku kala itu, meski hanya sbg kandidate cadangan penerima beasiswa aku bersyukur banget, karena dengan hasil ini berarti pihak VLIR masih mempertimbangkan aku untuk dikategorikan layak menerima beasiwa VLIR. That was enough for me at that time. Alhamdulillah. 

To be continued ... (disini)

No comments:

Post a Comment